GSM / CDMA MOBILE SOFTWARE AND HARDWARE SOLUTION
 
HomeHome  UsergroupsUsergroups  RegisterRegister  FAQFAQ  Log inLog in  

Share | 
 

 Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel

View previous topic View next topic Go down 
AuthorMessage
MASTER OF SCIENCE™
©Special Member F.F.C©

avatar

Gender : Male
Birthday : 1980-11-12
Lokasi : INDONESIA
Job/hobbies : BROWSING

PostSubject: Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel   Sat May 05, 2012 2:12 am

Memang mudahnya berhitung dengan menggunakan excel. Semua dapat diketahui dengan cara yang mudah dan akurat. Mulai dari penjumlahan secara otomatis sampai penghitungan yang rumit sekalipun.




Dan kini sebagai bahan belajar melakukan penghitungan, akan diuraikan
cara untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa nilai angka tertentu.
Seperti halnya sebuah rapor anak sekolah, biasanya juga disebutkan nilai
rata-rata. Sebagai contoh sederhana dari angka 1, 2, dan 3 maka nilai
rata-ratanya adalah angka 2. Angka 2 ini didapat dari jumlah angka-angka
tersebut dibagi dengan banyaknya angka. Sehingga 1+2+3 dibagi dengan 3
(terdapat tida angka) sama dengan 6 : 3 = 2.




Contoh sederhana tersebut mungkin terlalu mudah untuk dikerjakan, karena
jumlah yang kecil dan sedikit. Namun bagaimana jika jumlah
angka-angkanya banyak dan dengan nominal yang besar ? … Tentu akan lebih
membutuhkan banyak pikiran dan waktu untuk menghitungnya jika dihitung
secara manual menggunakan pemikiran otak yang kepandaiannya pas-pasan
seperti saya …. Namun akan berbeda halnya jika penghitungan tersebut
dilakukan dengan menggunakan program Ms Excel. Hanya dengan beberapa
langkah kecil saja maka hasilnya akan langsung diperoleh dan akurat.




Untuk mencari rata-rata dari nilai tertentu silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Masukkan terlebih dahulu data-data yang dimaksud kedalam table atau ke sel seperti contoh gambar dibawah ini.

    [You must be registered and logged in to see this image.]
  • Klik pada sel tempat nilai rata-rata akan ditampilkan misalnya pada sel C10.
  • Ketik pada sel tersebut =AVERAGE(blok pada sel yang akan dihitung nilai rata-ratanya, dalam hal ini sel C2:C9) , sehingga tulisan lengkapnya menjadi =AVERAGE(C2:C9) kemudian tekan enter.

    [You must be registered and logged in to see this image.]
  • Maka nilai rata-rata secara otomatis akan muncul.

    [You must be registered and logged in to see this image.]
Back to top Go down
 

Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel

View previous topic View next topic Back to top 
Page 1 of 1

Permissions in this forum:You cannot reply to topics in this forum
GSM-Forum :: == COMPUTERS FUN & STUFF == :: MICROSOFT OFFICE LEARNING / BELAJAR MICROSOFT OFFICE :: Ms EXCEL LEARNING-